Jumat, 23 April 2010

Tips memilih tukang ojeg

Kalau anda harus menggunakan sarana angkutan ojeg untuk mencapai suatu lokasi tujuan, apalagi anda baru kali pertama memakai jasa ojeger setempat, maka yang perlu diperhatikan adalah keselamatan. saya dapat memberikan tips sebagai berikut.

  1. Pilihlah perawakan dan ukuran tubuh tukang ojeg yang sama atau dibawah anda. Nanti kalau dijalan anda ditodong, dibegal atau dirampok, kalau terjadi gelut bin berantem minimal hasilnya seri atau anda yang keluar sebagai pemenang duel tanpa wasit itu.
  2. Pastikan kelengkapan keselamatan yaitu helm dan jas hujan ada. Jika terjadi kecelakaan kepala anda masih terlindungi dan waktu hujan datang tanpa aba-aba anda juga juga gak basah kuyup. Bukankah anda pengen sampai tempat tujuan kepala gak benjol dan gak harus ganti baju. Kalo kelengkapan surat-surat motor sabodo teuing, itu mah urusan maneh na (tukang ojeg) dengan pihak kepolisian dan samsat.
  3. Perhatikan motornya kelihatan sehat. Artinya kelihatan masih oke. Oke body motornya, oke perlengkapan standarnya seperti lampu, rem dll. Masa anda mau jalan malam motor ojegnya gak ada lampu, rem blong. Bukan sampai tujuan tapi bisa-bisa anda dibawa ojeg lain ke rumah sakit atau tukang urut patah tulang.
  4. Sebelum naik motor ojeg pastikan besarnya ongkos ketempat tujuan sudah deal dengan tukang ojeg. Kalau di tempat tujuan anda ditagih ongkos gila-gilaan oleh ojeger itu bukan sepenuhnya salah dia, lha anda sendiri kok gak ada kesepakatan harga dengan tukang ojeg sebelum meluncur.
  5. Selama dalam perjalanan biasanya tukang ojeg memacu motornya dengan terburu-buru seperti sopir metromini di Jakarta lagi dikejar setoran Ingatkan tukang ojek untuk hati-hati Bilangin anda tidak mau akhir perjalanan anda berakhir di rumah sakit karena kecerobohan dia.Alrisblog

Tidak ada komentar:

Posting Komentar